February 9, 2019

7 Faktor Penting Dalam Desain Prospektus Cetak (Bank Mandiri)

Prospektus memang sangat dibutuhkan oleh perusahaan, dan berikut 7 faktor penting yang harus ada dalam pembuatan desain prospektus
Creative Media

Kata prospektus mungkin tidak familiar di telinga masyarakat awam. Prospektus merupakan gabungan di antara profil perusahaan dengan annual report (laporan keuangan) yang kemudian menjadi satu kesatuan dari dokumen resmi yang dipakai lembaga maupun perusahaan untuk dapat memberikan penjelasan atau gambaran ringkat tentang saham yang ditawarkan ke public.  

Suatu prospektus biasanya berisi berbagai informasi penting yang masih ada kaitannya dengan saham, obligasi, reksadana, serta nilai investasi lainnya seperti penjelasan mengenai laporan keuangan, bidang usaha perseroan, bahkan biografi dari dewan direksi maupun dewan komisaris.

Informasi yang disampaikan ditulis dengan rinci terutama mengenai perkara yang tengah dihadapi oleh perseroan, kompensasi, daftar aset yang dimiliki hingga informasi lainnya yang sifatnya material. Suatu prospectus yang baik hendaknya meliputi segala rincian informasi maupun fakta material tentang penawaran umum emiten maupun perusahaan milik public yang kemudian bisa ikut memengaruhi keputusan para investor.

Dalam Prospektus Awal belum menyertakan informasi tingkat suku bunga obligasi, nilai nominal, penjaminan emisi efek, jumlah dan harga penawaran efek, dan informasi lain yang berhubungan dengan syarat penawaran yang belum ditentukan. Sedangkan prospektus final merupakan prospektus yang siap dipublikasikan setelah Pernyataan Pendaftaran dinyatakan efektif.

Prospektus Final harus berisi beberapa informasi sebagai berikut:

1) Penawaran umum

2) Rencana penggunaan dana

3) Pernyataan hutang

4) Ikhtisar data keuangan pentig

5) Analisis dan pembahasan oleh manajemen

6) Resiko usaha

7) Kejadian penting

8) Keterangan tentang perseroan dan entitas anak

9) Kegiatan dan prospek usaha perseroan dan entitas anak

10) Peraturan mengenai industri

11) Ekuitas

12) Kebijakan deviden

13) Perpajakan

14) Penjamin emisi efek

15) Lembaga dan Profesi Penunjang Pasar Modal

16) Pendapat dari segi hukum

17) Laporan Auditor Independen dan Laporan Keuangan Konsolidasian

18) Anggaran dasar

19) Persyaratan pemesanan pembelian saham / Obligasi

20) Penyebarluasan prospektus dan formulir pemesanan pembelian saham / Obligasi

prospektus bank mandiri

Berikut ini beberapa hal penting yang harus dimiliki oleh desain prospektus cetak:

  1. Mudah di Pahami

Bisa dibaca merupakan kunci utama dari prospectus cetak. Para desainger harus berusaha sebak mungkin untuk merancang desain propektus dengan menarik namun tetap easy reading. Jangan sampai, investors mengalami kesulitan bahkan memberikan kritikan pedas karena kata-kata yang tertulis tidak jelas lalu gambarnya pun buram.

Dalam hal ini memilih designer adalah hal yang penting, jangan sampai citra perusahaan rusak di mata investors dan public karena menggunakan designer amatiran yang tidak mampu mengkombinasikan warna dengan baik.

Selain itu orang yang membuat haruslah mereka yang paham dengan prospektus sehingga apa yang dibuat dapat dipahami oleh orang awam.

  1. Memiliki Visually Appealing

Desain dari prospektpus cetak harus meliputi berbagai informasi penting yang dibutuhkan oleh investor untuk memberikan penilaian secara objektif tentang sahamnya, profitnya, kerugiannya dan prospeknya di masa depan.

Jika desainnya saja sudah tidak menarik, bagaimana investors akan tertarik untuk membaca isinya. Desain prospectus cetak yang baik hendaknya memiliki visually appealing sehingga setebal apa pun isinya, investor tidak akan menolak untuk membacanya.

  1. Naskah Tersusun Secara Beraturan

Salah satu tugas dari seorang designers prospectus adalah memastikan jika desain dari prospectus cetak yang dibuatnya tampak beraturan.

Antara satu desain dengan desain lainnya tidak memberikan informasi yang tumpang tindih sehingga siapa pun yang membaca akan langsung memahami, apa maksud yang coba disampaikan dari prospectus tersebut.

  1. Gambaran Desain yang Konsisten

Antara desain prospectus cetak yang dikerjakan dengan desain prospektus yang dipublish secara online harus memiliki gambaran desain yang konsisten, jika sudah memilih sample desain A untuk dicetak dan diberikan pada investors, maka sampel desain A tersebut harus digunakan juga untuk postingan online.

Jangan sampai membuat investors merasa bingung dengan perbedaan desain yang dimiliki. Satu perusahaan hendaknya menggunakan satu desain prospectus.  

  1. Jangan Ada Typo

Menulis untuk tugas sekolah saja tidak boleh ada typo, bagaimana jika rancangan desain prospektus cetak yang diserahkan pada investors ternyata memiliki beberapa typo? Tentunya ini tampak tidak professional, bukan?

Perlu diperhatikan dengan baik jika prospectus merupakan dokumen legal yang sangat penting, jadi kesalahan kata atau nomor akan berakibat fatal, dalam pembuatan desain prospectus cetak hendaknya tidak ada kesalahan sama sekali.

  1. Desain Mengandung Nilai Selling

Tujuan membuat prospektus adalah untuk menjual saham pada khalayak umum, jadi secara otomatis, desain dari prospectus cetak yang dibuat haruslah mengandung nilai selling yang tinggi.

  1. Desain Tidak Keluar Dari Citra Perusahaan

Gambaran desain yang baik tidak harus menampilkan gambar yang artistic atau rumit, hendaknya desain prospektus cetak harus dibuat berdasarkan pada citra perusahaan yang dikenal selama ini di mata public.

prospektus bank mandiri

Lebih dari 17 tahun Hanindo telah dipercaya oleh ratusan emiten untuk menyiapkan prospektus baik dari design, layout maupun pencetakkan. Kami memiliki standar pelayanan cepat, tepat, dan akurat sesuai dengan motto kami. Hanindo mampu untuk memberikan hasil cetakan prospektus tepat waktu sesuai jadwal yang ditentukan walaupun dengan limitasi waktu yang terbatas.

Bank Mandiri telah mempercayakan kepada Hanindo untuk menyiapkan prospektus pada saat melakukan Penawaran Umum Obligasi Berkelanjutan Tahap I Bank Mandiri tahun 2016 maupun pada saat penawaran umum berkelanjutan Tahap II.