March 23, 2020

7 Alasan IPO Jadi Peluang Bisnis Anda di 2020

Mengembangkan bisnis Anda melalui program IPO akan membuat Anda memperoleh banyak keuntungan.
Event Organizer

Mengembangkan bisnis hingga menjadi go public bukanlah perkara yang enteng. Ada sejumlah hal yang harus dilakukan dan juga diperhatikan agar tak ada kesalahan yang terjadi. Salah satunya adalah menjual saham lewat IPO. Mungkin bagi Anda yang masih baru dalam dunia bisnis tak terlalu paham mengenai program apa itu sebenarnya. Menilik dari pengertiannya, program tersebut merupakan singkatan Initial Public Offering. Di mana dalam bahasa Indonesia justru memiliki arti yaitu penawaran umum perdana. Bisa juga diartikan sebagai penjualan pertama saham umum yang dilakukan oleh perusahaan terhadap investor. Dalam ekspansi bisnis, IPO memiliki peranan yang cukup besar. Sebab, tercatat sudah ada 57 emiten yang terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia) sejak tahun 2018 dan terus bertambah hingga kini.

IPO, Peluang Terbaik Untuk Bisnis Anda di 2020

Ada alasan-alasan tertentu yang menjadikan Initial Public Offering sebagai peluang bisnis Anda di tahun 2020 ini. Tentunya karena berbagai keuntungan atau manfaat yang pasti ditawarkannya. Lalu, apa alasan yang membuat program satu ini bisa Anda jadikan sebagai peluang bisnis? Berikut penjelasan lengkapnya!

1. Mendapat Akses Dalam Hal Pendanaan

Apabila perusahaan Anda sudah jadi go public, Anda bisa memanfaatkan hal ini agar bisa mendapatkan pendanaan. Tentunya pendanaan tersebut harus dimanfaatkan sebaik mungkin sebagai biaya perusahaan, membayar hutang perusahaan, meningkatkan modal kerja dan sebagainya. Pendanaan yang dilakukan dari berjualan saham juga tak perlu memberatkan perusahaan itu sendiri karena tidak adanya keharusan membayar bunga dan semacamnya seperti ketika berhutang.

2. Bisa Meningkatkan Nilai Dari Perusahaan

Ketika Anda mempunyai saham yang bisa diperjualbelikan di BEI, tentunya perkembangan tersebut tak akan luput dari pantauan masyarakat. Nilai dari perusahaan yang Anda kelola dapat meningkat jika terdapat peningkatan kinerja operasional dan juga keuangan. Pastinya hal ini akan sangat berdampak pada harga saham tersebut di Bursa dan meningkatkan nilai dari perusahaan.

3. Bisa Memberi Competitive Advantaged

Keunggulan kompetitif tidak bisa dielakkan lagi jika perusahaan Anda telah menjadi go public. Hal ini juga akan sangat mempengaruhi bisnis Anda suatu saat nanti. Contohnya saja, misal melalui Initial Public Offering, Anda dapat mengajak kerjasama antara supplier dan juga buyer menjadi pemegang saham. Namun sebagai pemimpin perusahaan, Anda juga dituntut untuk selalu dapat meningkatkan kualitas kerja operasional perusahaan. Jangan bingung untuk menyelenggarakan IPO, Anda bisa bekerjasama dengan Hanindo untuk menyelenggarakan IPO di tahun 2020.

7 Alasan IPO Jadi Peluang Bisnis Anda di 2020

4. Dapat Meningkatkan Kemampuan Bertahan Perusahaan

Kemampuan dalam bertahan meski dalam kondisi apapun juga dinamakan dengan kemampuan going concern. Perusahaan Anda harus memiliki hal ini meskipun dalam keadaan paling buruk.

5. Citra Perusahaan Bisa Jadi Lebih Meningkat

Go public akan membuat perusahaan Anda menjadi sorotan bagi banyak orang. Terutama media dan juga komunitas keuangan yang ada. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan publikasi di berbagai media secara cuma-cuma sehingga citra perusahaan yang Anda miliki bisa lebih meningkat lagi.

6. Terbangunnya Loyalitas Dari Karyawan

Menjadi go public memungkinkan banyak hal terjadi, salah satunya dalam terbangunnya loyalitas dari karyawan perusahaan. Sebab, tak menutup kemungkinan jika nantinya karyawan tersebut memiliki saham di perusahaan Anda dan hal itu dapat meningkatkan profesionalitas karena mereka merasa bahwa perusahaan tersebut adalah milik bersama.

7. Menciptakan Peluang

Ketika citra perusahaan Anda baik dan semakin dikenal oleh masyarakat luas karena menjadi sorotan banyak media, maka hal ini juga tak lepas dari keuntungan yang akan Anda dapatkan. Perusahaan dan juga produk Anda bisa lebih dikenal karena terciptanya peluang dan juga pelanggan baru.

Itulah 7 alasan mengapa IPO bisa jadi peluang bisnis yang cukup tepat bagi Anda di tahun 2020 ini. Mendaftarkan perusahaan Anda agar go public tentunya tak akan membuat Anda kehilangan banyak hal, justru akan banyak keuntungan yang Anda peroleh. Jika anda akan mengadakan IPO, mempercayakan penyelenggaraan program kepada event organizer adalah salah satu langkah yang bagus. Carilah EO yang memang dapat mengurus acara Initial Public Offering dengan professional seperti Hanindo agar program tersebut berjalan dengan lancar.