June 30, 2020

5 Tren Digital Marketing 2020 yang Bisa Anda Intip

5 Tren digital marketing di tahun 2020 yang bisa Anda intip.
Digital Marketing

Tren digital marketing bisa diartikan sebagai kiblat atau kecenderungan pelaksanaan strategi pemasaran di dunia digital, yang umumnya digunakan oleh para pengusaha untuk menentukan langkah-langkah bisnis yang akan dilakukan. Menentukan tren ini tentu saja tak mudah,sebab harus melakukan rangkaian riset dan analisa. Bagi anda yang masih bingung menentukan strategi yang pas, yuk simak 5 tren yang sedang naik daun di tahun 2020 ini, untuk improvisasi bisnis yang lebih juara!

5 tren pemasaran di era digital di tahun 2020

Salah satu karakteristik yang dimiliki oleh pemasaran di era digital adalah fleksibilitas yang tinggi dan perubahan tren yang begitu dinamis. Berikut ini adalah beberapa proyeksi tren di tahun 2020 yang bisa anda jadikan acuan.

1. Konten audio makin diminati

Pada tahun 2019 lalu, pencarian konten audio menduduki peringkat tertinggi dalam aktifitas pengguna internet. Hal ini bisa dilihat dari pencarian menggunakan teknik audio, mendengarkan lagu dengan aplikasi online, hingga menggemari konten di podcast. Rupanya tren ini akan berlanjut di tahun 2020. Anda bisa menggunakan konten berbasis audio untuk menarik konsumen untuk mampir dan berlama-lama di platform bisnis yang telah anda sediakan. Jangan lupa untuk mengatur konten dengan sedemikian rupa, agar menarik terus untuk diikuti dan didengarkan ya. Referensinya bisa anda dapatkan dengan mengikuti konten berbasis suara yang tengah hype, atau isu yang tengah panas dibicarakan.

2. Pendekatan yang personal

Tahun 2020 rupanya akan jadi era penggunaan digital marketing yang lebih intim. Di tahun ini tiap konsumen ingin merasa diistimewakan dan dispesialkan. Treatment ini akan membuat mereka merasa penting dan dibutuhkan oleh perusahaan. Inilah yang kemudian menumbuhkan rasa lengket dalam diri mereka terhadap produk atau jasa yang digunakan. Karena itu kedepannya anda harus bisa menemukan cara untuk membuat konten pemasaran yang bisa memberikan kedekatan yang personal dengan konsumen anda. Hal ini tentu saja perlu melalui riset yang tak sebentar, untuk bisa mengidentifikasikan tipikal konsumen yang anda miliki, dan kebutuhan apa saja yang mereka inginkan.

5 Tren Digital Marketing 2020 yang Bisa Anda Intip

3. Konsep video yang tepat sasaran

Tren selanjutnya yang juga akan merajai pemasaran digital di tahun 2020 adalah konten berbasis video kreatif. Hal ini dibuktikan dengan tingginya angka penonton di platform youtube dan iklan video yang muncul di beberapa platform sosial media lainnya. Salah satu benang merah yang bisa dilihat dari video tersbeut adalah penggunaan konsep video yang kreatif dan tepat sasaran. Kreatif dalam membangun alur video, tema dan setting cerita, serta kreatifitas dalam mengatur kualitas edit video yang dipilih.

4. Eranya key opinion leader

Pernah dengar mengenai key opinion leader? Ini merupakan strategi yang sedang tren di kalangan digital marketing agency. Singkatnya mereka ini adalah orang-orang yang dipercaya memiliki pengaruh di masyarakat. Key opinion leader bisa berupa tokoh publik, entertainer, micro celebrity, dan lain-lain. Pada tahun 2020 key opinion leader digadang-gadang menjadi media marketing utama, yang bisa menarik perhatian hingga membentuk kepercayaan konsumen. Pemilihan key opinion leader harus dilakukan dengan pertimbangan matang, dengan mengedepankan target dan sasaran perusahaan. Jangan sampai strateginya malah salah jalan.

5. Digandrunginya user generated content

Saat ini pengguna internet bukan hanya menerima informasi, namun juga bisa membuat dan menyebarkan konten yang dibuat sendiri. Inilah kegiatan yang disebut sebagai user generated content, yang dijadikan sebagai salah satu tren marketing di tahun 2020. Menyediakan ruang bagi konsumen untuk menuliskan pendapat dari sudut pandang mereka akan menaikkan kemungkinan traffic di platform bisnis anda.

Itulah 5 tren digital marketing di tahun 2020 yang bisa anda jadikan referensi untuk strategi bisnis yang manjur. Yuk mulai susun strategi terbaik anda dengan bekerjasama dengan Handisetyadi.com!