December 21, 2019

5 Tips Membuat Gathering Kantor Menjadi Berkesan

Gathering Kantor biasanya menjadi kegiatan tahunan perusahaan. Bagaimana agar kegiatan ini menjadi berkesan? Ini tipsnya.
Event Organizer

Gathering Kantor adalah kegiatan menyenangkan secara berkelompok dengan teman satu perusahaan dengan tujuan membangun kebersamaan. Tetapi dalam penyelenggaraannya perlu dengan cermat pada konsepnya. Maka untuk bisa lebih optimal, ada baiknya anda menyimak tips berikut ini. Inilah tips membuat Gathering Kantor menjadi berkesan tanpa menghilangkan konsep utama.

Gathering bertujuan meningkatkan soliditas antar teman seperjuangan. Baik itu rekan di instansi pemerintahan maupun swasta, untuk menimbulkan rasa kebersamaan. Dengan tujuan mengikat kebersamaan dalam satu naungan, tapi harus ada kesan yang mendalam.

Gathering Kantor ari Hanindo

Simak tips gathering perusahaan berikut ini

Konsep Utama Yang Terarah

Bila anda pada posisi sebagai calon peserta gathering atau panitia, ada baiknya membuat konsep terlebih dahulu. Tentu ini sebagai acuan ketika akan melakukan gathering mandiri, atau menyewa jasa. Untuk setiap kegiatan, konsep lebih utama dibanding hal lainnya. Karena konsep akan melahirkan tema kegiatan sampai pada rincian pelaksanaan gathering.

Ketik konsepnya sudah fix, tema pasti akan muncul. Ada baiknya saat itu goal yang akan dicapai mesti tercetuskan. Kemana arah atau hasil dari kegiatan nanti. Jangan sampai terlupakan pokoknya dan hanya menghabiskan waktu untuk sekedar melepas kejenuhan atau senang - senang saja. Goal atau outcomenya pastinya harus mengarah pada visi dan misi dari sebuah corporate.

Mengarah Pada Visi Misi Corporate

Tentu harus dengan cermat mengarahkan kegiatan dari tema ke visi misi perusahaan. Walau demikian, pastinya lebih maksimal bila kombinasi setiap kegiatannya menyenangkan dan berkesan tapi memiliki makna pada visi misi perusahaan. Jika menyelenggarakan gathering kantor di luar ruangan, ada banyak jenis permainan menyenangkan secara bersama sama tapi mendidik untuk menjalin kebersamaan. Disini ahli atau pemandu sudah tahu arahnya, sehingga pada waktunya peserta gathering senang dan menggugah jiwa kebersamaannya. Tujuan sebuah perusahaan tertuang pada visi misinya, jadi konsepnya harus bisa menggandeng pada tujuan tersebut.

Niscaya bila sudah membuat pola kegiatan yang mengarah visi dan misinya, akan mudah memetakan kegiatannya.

Pastikan Berorientasi Pada Tujuan Gathering

Tujuan employee gathering bermuara pada tujuan perusahaan tadi. Baik dari sisi pengembangan Sumber Daya Manusianya, menggugah kebersamaannya atau membangkitkan kepercayaan diri peserta. Jadi bisa dikatakan dua sisi yang berbeda antara peserta dan tujuan perusahaan. Kedua sisi ini diramu dan dilaksanakan secara serius namun berkesan di hati peserta.

Seberapa lama pun kegiatan bila gagal pada orientasi tujuannya akan percuma. Jadi, berkesannya kegiatan Gathering Kantor ini, bukan berarti menyenangkan saja, tetapi juga mendapat pelajaran dari kesenangan tersebut.

Memahami Karakter Peserta Gathering

Bagi penyelenggara, karakter peserta gathering perlu sekali diketahui. Sebab untuk membuat pola kegiatan yang terarah dan kena pada sasaran kegiatan. Sebab kegiatan semacam ini, melibatkan emosional banyak orang. Jangan terlena pada suasana yang hanya ingin peserta merasa happy saja, tapi tetap menjaga konsep utama.

Hal yang paling efektif adalah membuat peserta sangat senang dan berkesan saat gathering tetapi mereka paham makna setiap momentumnya.

Lokasi Yang Tepat

Satu lagi yang perlu jadi yang harus menjadi kelengkapan untuk gathering yaitu lokasi kegiatan. Jangan salah, lokasi menentukan suasana seseorang. Gathering Kantor Jakarta misalnya, maka lokasi bisa menyewa di lokasi yang biasa memfasilitasinya.  Pastinya lokasi akan ditentukan ketika konsep temanya sudah jadi. Alangkah lebih baik memilih tempat yang bisa mendukung suasana kebersamaan, bukan berarti mengenyampingkan keinginan sebagian usulan peserta. Tapi lebih baik mengutamakan pada tujuan dari gathering itu sendiri.

Misalkan tema yang diangkat adalah "mengikat kebersamaan menuju prestasi cemerlang". Tujuannya jelas, membuat semua peserta lebih merasa lebih dekat dengan rekan kerja, juga menggugah peserta untuk membuat prestasi kerja lebih meningkat. Kaitan tema dengan lokasinya yaitu menempatkan lokasi di daerah yang alami dan penuh dengan dukungan alam. Sebab dorongan alamiah bisa membuat peserta lebih khidmat dan bisa menangkap tujuan kegiatan. Selain itu kesan yang akan dirasakan nyaman dan bahagia.

Tips Membuat Gathering Kantor Menjadi Berkesan

Itulah beberapa hal yang bisa menjadi Tips Membuat Gathering Kantor Menjadi Berkesan. Tanpa melupakan tujuan atau tema kegiatan, peserta juga menjadi senang dan bahagia. Jika Anda membutuhkan jasa EO gathering kantor, Hanindo siap membantu Anda. Hanindo dipercaya sebagai Event Organizer Jakarta yang telah membantu banyak perusahaan untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan perusahaan. Untuk quotation dan pertanyaan seputar EO gahtering kantor, klik tombol WhatsApp di bawah kiri ↘