October 1, 2020

5 Perangkat Terbaik untuk Mendukung Webinar agar Berjalan Lancar

Apakah Anda bingung memilih perangkat untuk pelaksanaan webinar? Simak penjelasannya pada artikel ini.
Event Organizer

Webinar atau web-seminar merupakan sistem seminar yang dilakukan secara daring (dalam jaringan). Seminar tersebut dapat dilakukan oleh siapa pun dan dimana pun. Dalam istilah, kegiatan ini menjadi bagian dari telekonferensi atau teleconference yang merupakan pertemuan atau percakapan secara langsung (live) melalui media elektronik antara beberapa partisipan. Lalu apa sajakah perangkat yang dapat mendukung terlaksananya web-semiar dengan baik dan lancar? Hanindo akan sedikit membagikan informasinya lewat Simak penjelasan di bawah ini.

Perangkat Pendukung untuk Kelancaran Webinar

Terdapat beberapa perangkat terbaik yang Anda butuhkan untuk kelancaran dan kesuksesan web-seminar serta memudahkan Anda dalam pengontrolan acara tersebut diantaranya :

1. Perangkat PC atau laptop

Personal computer (PC) atau laptop merupakan peralatan utama yang dibutuhkan ketika melakukan web-seminar. Umumnya perangkat ini yang menghubungkan Anda dengan peserta seminar lain untuk melangsungkan telekonferensi. penggunaan perangkat ini juga dapat digantikan dengan smartphone atau tablet. Akan tetapi, akan lebih baik bagi Anda untuk melangsungkan web-seminar menggunakan laptop dikarenakan tampilan layar atau screen yang lebih lebar sehingga membuat Anda lebih leluasa dalam pertemuan berbasis online tersebut.

2. Speaker dan microphone

Dalam kegiatan webinar dibutuhkan alat pendukung yang mampu menampilkan kerjernihan suara. Dikarenakan kejernihan suara itu dapat memengaruhi kelancaran kegiatan yang memang dilaksanakan secara daring (dalam jaringan atau online based). Salah satu perangkat yang mampu mendukung hal tersebut yakni microphone bagi pembicara dan speaker bagi pendengar. Kedua perangkat tersebut merupakan peralatan eksternal yang kebutuhannya disesuaikan dengan keadaan. Speaker berfungsi sebagai pembesar suara yang memang pada umumnya digunakan saat acara seminar offline dengan kapasitas peserta dalam jumlah besar. Akan tetapi, alat ini dapat Anda gunakan apabila terdapat masalah pada audio internal PC atau laptop yang Anda gunakan. Sedangkan microphone merupakan salah stau perangkat yang mendukung kejernihan suara. Apabila Anda menjadi pembicara atau pelaksana dari web-seminar tersebut, perangkat ini Anda perlukan untuk mendukung kegiatan teleconference dengan tujuan meminimalisasi adanya suara yang terdengar tidak jelas.

5 Perangkat Terbaik untuk Mendukung Webinar agar Berjalan Lancar

3. Headphone atau headset

Headphone atau headset merupakan suatu perangkat yang digunakan untuk mendengarkan audio baik itu dari laptop, PC, maupun smartphone. Perangkat ini menjadi rekomendasi bagi Anda ketika melangsungkan acara web-seminar tetapi dalam keadaan melakukan kegiatan lain pada waktu yang sama seperti dalam perjalanan, melakukan perkerjaan rumah ataupun yang lainnya. Gunakanlah headphone atau headset wireless yang umunya menggunakan bluetooth sebagai penghubung dengan smartphone atau laptop sehingga tidak ada kabel yang mengganggu aktivitas dan dapat memperluas ruang gerak Anda.

4. Webcam

Webcam atau web camera merupakan alat yang biasanya terletak pada bagian monitor atas. Perangkat ini digunakan untuk merekam atau membagikan video conference yang dilakukan. Seperti pelaksanaan suatu webinar yang dilakukan melalui beberapa perangkat lunak secara bersamaan. Perangkat ini menjadi rekomendasi bagi Anda sebagai pelaksana atau panitia web-seminar untuk mendokumentasikan dan mempublikasikan acara tersebut secara online pada beberapa media sosial seperti instagram, facebook, dan youtube.

5. LCD proyektor

LCD Proyektor merupakan perangkat yang mampu memperlihatkan tampilan monitor yang lebih besar. Sehingga perangkat ini dapat digunakan oleh panitia atau pelaksana web-seminar untuk memantau jalannya kegiatan. Hal ini akan memudahkan pengambilan solusi apabila terjadi masalah di tengah berlangsungnya kegiatan. Sehingga risiko terjadinya kegagalan acara yang dilangsungkan dapat diminimalkan.

Uraian tersebut merupakan penjelasan mengenai perangkat yang dapat mendukung kelancaran dan kesuksesan webinar yang Anda laksanakan. Selamat mencoba, ya!