March 31, 2021

5 Kunci Utama Membuat Webinar yang Sukses

Agar webinar yang ingin diadakan berjalan dengan sukses, berikut merupakan beberapa cara membuat webinar yang wajib untuk anda ketahui.
Event Organizer

Physical distancing atau PSBB menjadikan segala kegiatan harus dilakukan di rumah,termasuk salah satunya yaitu dalam penyelenggaraan seminar. Seminar berbasis online atauyang umumnya disebut webinar, kerap dijadikan sebagai salah satu cara agar kegiatan seminar tetap dapat dilakukan, meski dikala pandemi seperti sekarang ini. Webinar merupakan singkatan dari web Seminar. Webinar  umum diselenggarakan oleh masyarakat, khususnya pada kalangan pelajar dan juga orang dewasa sebagai media promosi dan juga menyalurkan informasi.

5 Cara Membuat Webinar yang Sukses

Webinar dapat diartikan sebagai seminar yang diadakan dengan menggunakan aplikasi tertentu berbasis internet. Kegiatan webinar ini memungkinkan pengisi materi atau pembicara dapat membagikan informasi mereka lewat aplikasi yang terhubung dengan peserta webinar. Adapun aplikasi yang digunakan untuk webinar yaitu aplikasi meeting online seperti zoom, skype dan google meet. Webinar memiliki manfaat baik bagi peserta webinar maupun penyelenggara webinar. Peserta webinar akan mendapatkan materi secara langsung dari narasumber dan dapat terhubung dengan orang-orang di berbagai daerah. Sedangkan penyelenggara webinar dapat dengan mudah mempromosikan barang atau jasa suatu perusahaan dan juga mendapatkan keuntungan apabila webinar tersebut berbayar. Setelah mengetahui pengertian dan manfaat dari webinar. Berikut ini adalah 5 cara membuat webinar yang sukses.

1. Menentukan Tujuan

Salah satu cara membuat webinar yang sukses adalah dengan menentukan tujuan dari webinar itu sendiri. Usahakan tujuan tersebut menguntungkan, baik bagi anda maupun bagi audiens webinar. Misalnya anda menyelenggarakan webinar dengan tujuan memberikan informasi terkait penggunaan handphone sekaligus melakukan promosi sebuah handphone yang diproduksi oleh perusahaan anda. Dengan menentukan tujuan, anda dapat melakukan persiapan yang matang dan agar tujuan dari webinar yang anda selenggarakan dapat terwujud.

2. Mengenal Audiens

Dengan mengenal audiens, anda dapat menyesuaikan materi webinar dengan kebutuhan mereka. Misalnya, apabila audiens webinar adalah kalangan remaja, maka webinar dapat dibuat lebih santai dan tidak membosankan. Namun, hal ini tentu berbeda apabila audiens webinar adalah orang dewasa. Anda perlu menyiapkan materi yang lebih berat dan tentunya dilakukan secara formal. Oleh karena itu, anda perlu melakukan riset dan juga bertanya kepada orang yang sering mengikuti webinar mengenai materi apa yang biasanya diinginkan oleh audiens webinar.

3. Melakukan Persiapan yang Matang

Melakukan persiapan yang matang merupakan salah satu cara membuat webinar berjalan dengan lancar. Anda dapat melakukan persiapan dengan cara memantapkan materi yang akan dibahas, menentukan narasumber yang sesuai dengan materi, memperhitungkan biaya dan menentukan waktu pelaksanaan webinar yang tepat. Selain itu, persiapan mengenai aplikasi meeting online yang akan digunakan juga perlu untuk dilakukan. Pilihlah aplikasi meeting online yang anda kuasai dan juga mudah diakses oleh audiens webinar.

4. Mempublikasikan Webinar

Anda perlu mempublikasikan webinar anda di berbagai sosial media. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memposting poster webinar di sosial media dan menggunakan tagar (hashtag) untuk webinar. Jangan lupa juga untuk mempublikasikan poster webinar di forum atau komunitas online. Bila perlu, anda dapat menggunakan iklan berbayar seperti facebook ads, google adwords, dan linkedin ads.

5. Melakukan Latihan sebelum Pelaksanaan Webinar

Anda dan tim penyelenggara wajib untuk melakukan latihan sebelum pelaksanaan webinar. Latihan ini dapat berfokus pada cara menggunakan aplikasi meeting onlinesecara optimal, seperti cara menggunakan fitur screen sharing dan juga mute dan unmutepeserta. Selain itu, anda juga perlu mempersiapkan mental anda agar tidak gugup dan selalu siap dengan masalah yang mungkin akan timbul secara tiba-tiba. Hal seperti ini merupakan cara membuat webinar agar terlihat penuh persiapan.

Demikianlah 5 cara membuat webinar yang sukses. Agar anda memiliki gambaran mengenai webinar. Anda dapat menghadiri webinar-webinar yang diselenggarakan oleh orang lain.