June 1, 2019

5 Cara Membuat Company Outing Tidak Jadi Membosankan (Eximbank)

Beberapa tips berikut bisa Anda terapkan untuk membuat kegiatan outing yang berkesan.
Event Organizer
5 Cara Membuat Company Outing Tidak Jadi Membosankan

Outing bisa jadi merupakan kegiatan seru dan dapat melepaskan rasa jenuh. Tapi, company outing sering kali malah dipandang sebagai kegiatan yang terkesan dipaksakan, membosankan dan buang-buang waktu serta energi. Padahal kegiatan seperti ini justru sangat bermanfaat untuk membangun kekompakan. Hanindo sebagai penyedia jasa event organizer handal di Jakarta telah dipercayakan oleh banyak perusahaan-perusahaan besar untuk menyelenggarakan outing yang pastinya sangat menyenangkan.

Cara Membuat Company Outing Tidak Jadi Membosankan

Terlepas dari reputasinya yang sering kali dipandang kegiatan sia-sia dan tidak seru, beberapa cara di bawah ini bisa membuat kegiatan outing perusahaan Anda jauh dari kata membosankan.

1. Pilih Tema yang Sesuai

Sebelum memutuskan lokasi yang akan menjadi tempat outing, pastikan Anda menentukan tema kegiatan tersebut terlebih dahulu. Memilih tema akan membantu membangun seluruh aspek penting kegiatan company outing ini. Tema di sini berkaitan dengan kegiatan macam apa yang nantinya akan dilakukan. Apakah pergi ke pertandingan olahraga lokal, melakukan kegiatan petualangan, ataukah bersama-sama menjadi sukarelawan. Pastikan untuk selalu menentukan tema terlebih dahulu saat menyiapkan kegiatan outing. Dengan mengetahui tema apa yang akan dipilih, Anda bisa mengantisipasi terjadinya hal-hal yang membuat company outing menjadi gagal atau membosankan. Seperti Eximbank yang mengusung tema olahraga golf.

2. Memilih Venue yang Tepat

Setelah menemukan tema outing, maka hal selanjutnya yang perlu dipertimbangkan adalah memilih venue. Anda harus memastikan bahwa venue tersebut sesuai dengan tema yang sudah dipilih. Pastikan untuk mencari tahu fasilitas apa saja yang disediakan seperti makanan, furniture, hiburan, dan sebagainya. Anda bisa melakukan survey terlebih dulu untuk membandingkan harga dengan fasilitas tambahan yang diberikan. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan tempat terbaik untuk kegiatan outing.

3. Pastikan Ada Event Coordinator

Pastikan Anda memilih seseorang khusus yang bertugas sebagai koordinator event. Hari-H outing akan menjadi waktu yang sangat sibuk bagi setiap orang terutama yang bertugas sebagai panitia. Jadi, pastikan untuk menunjuk satu orang khusus sebagai koordinator agar semua acara bisa berjalan dengan lancar. Koordinator bertugas untuk memastikan bahwa outing berjalan lancar. Pilih seseorang yang dapat dipercaya dan aktif serta kreatif untuk menempati posisi ini. Ia bisa menjadi tempat bagi Anda untuk mendiskusikan kegiatan seru yang membuat para peserta outing merasa senang dan jauh dari kata bosan.

4. Buat Kegiatan yang Sesuai dengan Tujuan Acara

Saat merancang kegiatan, pastikan Anda tahu terlebih dahulu apa tujuan diadakannya company outing tersebut. Apakah sebagai hadiah/reward atas kerja keras pegawai, membantu mereka mengenal rekan kerja satu sama lain, meningkatkan moral, atau untuk alasan lainnya? Mengetahui tujuan acara akan memudahkan Anda menyusun kegiatan. Berikut ini beberapa contoh kegiatan yang akan menjamin kegiatan outing menjadi lebih seru dan jauh dari kata membosankan.

a. Buat Kompetisi

Sebuah kemenangan kecil bisa jadi suatu hal yang menyenangkan. Jadi, buatlah sebuah permainan kompetitif yang bisa memacu rasa kompetisi tim sekaligus melatih mereka bekerja sama. Beberapa pilihan yang bisa dicoba antara lain kontes komedi, menyanyi, permainan menemukan barang, dan masih banyak lagi.

b. Kegiatan Seni

Semua orang pasti punya sisi artistik. Nah, Anda bisa melepaskan kreatifitas para pegawai dengan membuat kegiatan yang berbaau seni. Misalnya, membuat sesi graffiti. Biarkan orang-orang menggambar atau menulis apapun yang mereka mau di dinding yang sudah disediakan. Ini adalah kegiatan yang sederhana tapi cukup menyenangkan.

c. Beri Hadiah

Tidak harus sesuatu yang mahal dan mewah. Beri hadiah sederhana seperti tumbler atau topi, atau bahkan tiket nonton bioskop. Hadiah akan membuat para peserta outing menjadi jauh lebih bersemangat.

5 Cara Membuat Company Outing Tidak Jadi Membosankan

5. Jangan Membicarakan Pekerjaan

Ketika dalam suasana outing, usahakan untuk tidak membicarakan soal pekerjaan sama sekali. Jika ada masalah pekerjaan yang perlu dibahas, bicarakan pada rapat selanjutnya. Kegiatan outing adalah tentang perayaan, penghargaan, dan bersenang-senang. Jadi, usahakan untuk tidak membawa-bawa masalah pekerjaan dan target perusahaan pada kegiatan ini.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk company outing selanjutnya. Jika Anda berkejasama dengan Hanindo, company outing Anda akan dibuat dengan semenarik mungkin dan pastinya berkesan untuk peserta yang hadir. Untuk quotation dan pertanyaan seputar EO company outing, klik tombol WhatsApp di bawah kiri ↘