June 1, 2019

3 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Video Company (PT. Cipaganti Citra Graha Tbk.)

Pembuatan video company profile dapat dilakukan dengan berbagai cara sesuai dengan kreativitas masing-masing.
Creative Media

Salah satu cara untuk memperkenalkan sebuah perusahaan ataupun bisnis adalah dengan membuat video company profil. Video ini biasanya bertujuan untuk memberikan gambaran dan informasi terkait sebuah perusahaan kepada para shareholder. Video profil perusahaan tersebut biasanya dibuat sebagai media untuk memberikan gambaran terkait kondisi perusahaan. Informasi yang disajikan bisa berupa analisis secara mendalam maupun gambaran garis besar.

Informasi yang disajikan dalam video company profile-pun beragam-ragam. Video dapat berisi informasi terkait sejarah perusahaan, kinerja beberapa periode kebelakang, hingga prestasi dan pencapaian. Video company profile ini menjadi sebuah media yang efisien dan efektif untuk menunjukkan sisi positif dan potensi sebuah perusahaan. Umumnya video company profile diperuntukkan untuk ditampilkan pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Hal ini sebagai salah satu bentuk laporan terkait kinerja dan kondisi terbaru dari perusahaan terkait. Beberapa perusahaan juga menampilkan video company profile mereka pada website atau jejaring sosial mereka. Hal ini dilakukan untuk memberikan gambaran perusahaan kepada audiens yang lebih luas lagi.

Pertanyaan selanjutnya adalah video company profile yang baik itu seperti apa? Pada dasarnya tidak ada acuan resmi seperti apa video company profile harus dibuat, sehingga pembuatannya tergantung pada keinginan dan kreativitas manajemen perusahaan.

Element Penting dalam Membuat Video Company Profile

Sekalipun demikian, ada beberapa hal yang biasanya dapat menjadikan sebuah video company profile terbilang memiliki kualitas baik. Berikut kami sajikan 3 hal penting yang harus diperhatikan saat membuat video company profile.

1. Buatlah semenarik mungkin

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika membuat video company profile adalah hasil video haruslah menarik. Membuat video tentunya memakan waktu dan biaya, oleh karena itu pastikan hasil akhir tidak sia-sia.

Media berupa video memberikan banyak ruang untuk mengembangkan ide-ide kreatif. Hal ini berarti membuat video yang menarik dan menjawab keingintahuan para penontonnya.

Ada banyak sekali pilihan yang dapat Anda lakukan untuk memastikan kualitas video company profile sesuai dengan harapan. Beberapa diantaranya adalah penyajian gambar yang baik serta editing gambar dan suara yang berkelas. Alur cerita atau ide-ide lainnya juga dapat ditambahkan untuk membantu menyampaikan hal-hal penting.

2. Pastikan Informasi yang diberikan benar dan relevan

Seperti yang dikemukakan sebelumnya, tujuan pembuatan video company profile adalah untuk memberikan informasi dan gambaran seputar kondisi terini perusahaan. Informasi-informasi ini dapat berupa sejarah, prestasi, performa, hingga CSR yang dilakukan perusahaan.

Informasi-informasi yang nantinya akan disajikan didalam video harus dipastikan benar dan relevan. Kesalahan data atau informasi dapat menimbulkan kurangnya rasa percaya masyarakat kepada perusahaan Anda.

Menekankan pada sisi positif dan prestasi tentu saja perlu dilakukan. Meskipun demikian hindari window-dressing atau manipulasi informasi, karena hal ini akan beresiko membahayakan kepercayaan publik kedepannya.

Cipaganti Citra Graha

3. Buatlah dengan durasi yang tepat

Panjang durasi video company profile adalah hal penting yang harus dipertimbangkan selanjutnya. Tentu saja memasukkan lebih banyak informasi menjadi sesuatu yang ideal, namun faktanya video yang terlalu panjang akan membuat penonton cenderung bosan. Inilah yang membuat memilah informasi apa saja yang disajikan menjadi sangat penting. Pilihlah informasi-informasi yang relevan saja untuk dimasukkan kedalam video, serta hindari adanya pengulangan informasi yang serupa.

Selain itu menghindari kalimat-kalimat yang tidak efisien juga dapat membantu mengurangi durasi berlebih. Tips lainnya adalah menggunakan editing yang baik dan tidak bertele-tele.

Cipaganti Citra Graha

Demikian 3 hal krusial yang wajib menjadi perhatikan ketika membuat sebuah video company profile. Agar hasilnya dapat sesuai dengan ekspektasi makan menggunakan jasa dari Hanindo adalah pilihan yang terbaik untuk membuat video company profile. Karena Hanindo akan membantu Anda dalam penyusunan tema dan alur cerita video company profile sehingga dapat dinikmati oleh masyarakat umum dan tercapainya tujuan dari perusahaan.