May 25, 2022

Pilihan Platform Terbaik Untuk Melakukan Digital Marketing

Dalam suatu bisnis memang tak bisa dilepaskan dari kegiatan marketing. Ada beberapa teknik marketing yang bisa dilakukan, salah satunya pemasaran digital. Berdasar pengertiannya digital marketing adalah suatu bentuk atau cara pemasaran dari barang atau jasa menggunakan media digital.
Sedangkan kesimpulan dari pengertian platform digital marketing adalah tempat atau media digital untuk mempromosikan produk atau jasa. Ada beberapa platform yang bisa Anda pilih untuk melakukan pemasaran digital, apa saja? Berikut beberapa contoh platform yang bisa Anda pilih.

TikTok

Salah satu platform digital yang saat ini banyak peminatnya adalah Tiktok. Menurut ByteDance jumlah pengguna Tiktok di Indonesia hingga Januari 2022 sebanyak 92,07 juta pengguna. Bahkan diprediksi Tiktok akan menjadi salah satu platform yang terbesar.
Melihat data tersebut rasanya tak heran jika kini banyak pelaku usaha yang melakukan digital marketing strategy melalui platform yang satu ini. Bahkan kini TikTok juga semakin mempesona dengan menghadirkan fitur iklan bagi penggunanya.
Anda bisa beriklan di TikTok dengan video pendek berlatar musik milenial yang mampu menarik minat audiens. Langkah ini semakin digemari banyak pelaku usaha untuk melakukan marketing secara digital.

YouTube

Salah satu platform digital dengan jumlah pengguna yang juga sangat banyak adalah YouTube. Jumlah pengguna YouTube di Indonesia sebanyak 127 juta jiwa, menjadikan Indonesia pengguna YouTube terbesar ketiga di dunia.
Jika memilih YouTube untuk digital marketing artinya Anda akan terhubung dengan sekian banyak audiens. Dengan daya tariknya yang sangat luar biasa tersebut tak heran jika kini semakin banyak pelaku usaha yang melirik platform digital yang satu ini.
Bahkan tak sedikit entrepreneur yang menjalin kerjasama dengan YouTuber guna mempromosikan produk maupun jasa mereka.

Website

Salah satu platform yang juga sangat pas untuk melakukan pemasaran secara digital adalah website. Meski keberadaan website ini telah ada sejak beberapa tahun silam, namun fungsi dan manfaat dari website ini juga tak lekang oleh zaman.
Bahkan keberadaan website kini semakin dilirik banyak kalangan. Termasuk pada entrepreneur baik skala besar maupun UMKM. Bahkan tak sedikit pengusaha mikro kecil yang kini sukses berkat kegigihan melakukan digital marketing UMKM.
Meski terdengar klasik, namun Anda bisa melakukan banyak hal dengan media website ini. Sebagai pelaku usaha misalnya, Anda bisa melakukan branding dengan sangat efektif dan efisien melalui media digital yang satu ini.

Instagram

Platform digital lainnya yang juga sangat efektif untuk melakukan pemasaran digital adalah Instagram. Berdasarkan data dari Statista, jumlah pengguna aktif Instagram di Indonesia hingga Januari 2022 telah menyentuh angka lebih dari 99 juta pengguna.
Selain tampilan yang user friendly, Instagram juga telah memberikan ruang yang memang disediakan bagi pelaku usaha. Dengan tujuan mengakomodir keinginan mempromosikan dan memasarkan produk maupun jasa dari pelaku usaha, Instagram menghadirkan fitur Instagram shopping.
Dengan toko Instagram tersebut pelaku usaha bisa memasarkan produknya dengan semaksimal mungkin yang bisa membantu meningkatkan sales.
Dari beberapa contoh platform pemasaran digital di atas, Anda bisa memanfaatkan salah satunya untuk membantu mengembangkan bisnis Anda. Atau Anda juga bisa menggunakan semua platform yang ada untuk memaksimalkan pemasaran.
Anda juga bisa menggunakan jasa agensi untuk memaksimalkan pemasaran di platform digital tersebut. Kunjungi https://www.hanindo.co.id/service/creative-media-agency untuk mendapatkan informasi lengkapnya.
Demikian sedikit ulasan mengenai beberapa platform yang bisa digunakan untuk melakukan digital marketing.