October 23, 2022

Event Marketing - Apakah Efektif untuk Mengenalkan Produk Baru Kepada Konsumen?

Setiap perusahaan besar selalu menggunakan event marketing untuk mengenalkan produk barunya. Seperti misalnya dalam bazar, konser, webinar, workshop, dan banyak lagi lainnya. Namun, apakah kegiatan ini juga efektif untuk perusahaan yang masih merintis?
Bagian dari kegiatan marketing ini memang memerlukan biaya yang besar. Namun, agenda ini dianggap sangat efektif untuk mempercepat dikenalnya sebuah produk, jasa, atau perusahaan itu sendiri.
Untuk mengetahui seberapa efektifkah event marketing ini, simak pengertian, tujuan, dan manfaatnya berikut!

Apa Pengertian Event Marketing?

Event marketing adalah suatu kegiatan yang dilakukan dalam waktu pendek dan berfokus pada pengenalan produk secara langsung kepada konsumen. Kegiatan ini akan memberikan kesan kepada masyarakat yang hadir untuk merasakan bagaimana value dari sebuah produk.
Kegiatan ini tentunya akan mendekatkan konsumen dengan perusahaan. Kegiatan ini akan menghadirkan konsumen atau jaringan bisnis secara langsung ke dalam event tersebut, baik secara langsung maupun secara daring.
Berbagai contoh _event marketing _produk ini seperti konser musik, pameran produk, bazar, webinar, workshop, seminar, dan masih banyak lagi lainnya. Perusahaan bisa hadir sebagai pengelola kegiatan, maupun yang membiayai kegiatan tersebut.
Jika perusahaan membiayai kegiatan tersebut, konsep dari acara tersebut harus disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Sehingga tujuan dari pengenalan produk baru bisa tersampaikan secara maksimal.

Tujuan dan Manfaat dari Event Marketing

Dari pengertian yang telah disebutkan, event marketing memiliki beberapa tujuan dan manfaat, yaitu:

1. Mengenalkan Produk Baru

Acara yang satu ini banyak digunakan untuk mengenalkan produk baru. Dengan sebuah agenda khusus yang dikonsep sedemikian rupa, penyelenggara akan memiliki banyak waktu untuk menyampaikan informasi terkait produk baru.
Kemasan acara tersebut tentunya akan lebih memberikan daya tarik yang kuat kepada konsumen.
Pengenalan tersebut bisa disampaikan secara lisan, pengalaman langsung, maupun review dari pengalaman konsumen lainnya. Cara-cara ini sangatlah efektif untuk meningkatkan kepercayaan konsumen. Tidak hanya sekedar informasi, tapi juga pengalaman yang bisa dirasakan, sehingga konsumen pun bisa melakukan penilaian.

2. Membangun Hubungan yang Kuat dengan Konsumen

Agenda yang menarik dari sebuah event marketing tentu memberikan kesan yang kuat terhadap konsumen. Lebih dari itu, kegiatan ini juga menjadikan konsumen terlibat secara langsung, sehingga konsumen seakan lebih dihargai.
Hal ini tentu akan meningkatkan ikatan yang kuat antara perusahaan dengan konsumen. Dengan demikian loyalitas akan terbentuk, brand awareness semakin kuat, dan memberikan prospek bisnis yang lebih luas.

3. Meningkatkan Permintaan Sesuai dengan Target Segmentasi

Mungkin pada awalnya masyarakat yang datang sama sekali tidak mengetahui tentang produk baru dari perusahaan. Namun dengan adanya acara konser misalnya, banyak anak muda yang hadir, sehingga mereka bisa merasakan manfaat event marketing dari produk baru yang diperkenalkan secara langsung tersebut.
Dari pengalaman tersebut, tentunya akan terjadi peningkatan permintaan terhadap produk baru tersebut. Akan ada banyak konsumen yang baru mengenal dan langsung merasakan pengalamannya.

4. Memperluas Jaringan Pemasaran

Bentuk kegiatan seperti webinar, workshop, dan jenis-jenis event marketing lainnya menjadi investasi yang menguntungkan. Investasi tersebut dalam bentuk sumber daya manusia yang kuat, sehingga bisa menjadi jaringan bisnis potensial.
Penguatan jaringan bisnis ini tentu saja akan membentuk komunitas bisnis yang semakin besar. Produk atau jasa yang digunakan pun bisa ikut terdongkrak. Sehingga produk pun akan lebih mudah dikenal oleh masyarakat luas.
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tentu saja event marketing harus dikemas sebaik mungkin. Tak perlu khawatir,Hanindo hadir sebagai advertising agency yang selalu siap menjadi mitra para pebisnis yang ingin terus berkembang. Apalagi Hanindo telah menangani ratusan perusahaan skala nasional.
Itulah efektivitas _event marketing _yang bisa dilihat dari tujuan dan manfaatnya. Sehingga agenda ini bisa menjadi booster brand yang sangat efektif baik bahkan untuk perusahaan yang baru merintis sekalipun.