June 19, 2022

5 Situs Terbaik Belajar Digital Marketing Untuk Pemula

Bisnis sekarang ini tidak akan bisa dilepaskan dari digital marketing. Teknologilah yang melatarbelakangi semua ini, dan memberikan akses yang setara untuk semua pebisnis, atau bahkan untuk pemula. Untuk mempelajarinya pun sangat mudah, karena banyak sekali situs yang memberikan ilmu ini secara gratis.
Ilmu tentang pemasaran digital ini memang bukanlah sesuatu yang eksklusif. Semua orang yang memiliki gadget bisa mengaksesnya dengan mudah. Namun demikian, tentunya ada teknik dan cara tertentu sehingga digital marketing bisa lebih efektif dan efisien.
Nah, untuk mempelajari digital marketing ini, Anda bisa langsung mengunjungi 5 digital marketing kursus online berikut!

Hubspot Academy

Situs yang satu ini merupakan sebuah website yang menyediakan kursus tentang digital marketing untuk pemula secara gratis. Anda cukup mendaftarkan diri, kemudian bergabung ke dalam komunitasnya.
Situs ini dikembangkan dalam bahasa Inggris. Namun tidak perlu khawatir, karena Anda bisa menggunakan Google Translate untuk menerjemahkan website tersebut secara langsung.
Banyak sekali kursus yang ditawarkan dari website belajar digital marketing ini. Mulai dari SEO, social media marketing, YouTube marketing, dan masih banyak lagi lainnya. Selain itu, Anda akan mendapatkan sertifikat dari pelatihan ini.

SEMrush Academy

Website yang menyediakan kursus selanjutnya ini juga tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. Anda juga bisa mendapatkan pelatihan secara gratis tentang berbagai jenis digital marketing. Mulai dari SEO, content writing, periklanan, dan lain sebagainya.
Situs ini berbasis bahasa Inggris. Namun bagi Anda yang tidak menguasainya dengan lancar, bisa memanfaatkan Google Translate yang bisa menerjemahkan website secara langsung.
SEMrush Academy juga menyediakan banyak sekali tutor profesional dengan pengalamannya yang sangat baik. Anda bisa mendapatkan pelatihan digital marketing yang benar-benar dari para ahlinya.

Setelah menyelesaikan kursus ini, Anda juga akan mendapatkan sertifikat. Sehingga bisa menjadi bukti bahwa Anda benar-benar menguasai teknik pemasaran digital yang sekarang ini semakin banyak dibutuhkan perusahaan.

Udemy

Situs untuk pelatihan digital marketing yang satu ini sudah tersedia dalam bahasa Indonesia. Bahkan ada banyak sekali pelatihan yang bisa diikuti dengan gratis. Bahkan disebutkan ada lebih dari 185 ribu video kursus yang disediakan untuk komunitas yang ingin mengikuti pelatihan ini.
Selain tawaran pelatihan secara gratis, Anda juga bisa mengikuti kelas berbayar. Kelas ini menawarkan pelatihan yang lebih eksklusif. Jika Anda berminat, biayanya cukup murah karena hanya berkisar antara Rp 129.000,00 hingga Rp 150.000,00 saja.
Banyak sekali materi pelatihan yang bisa Anda ikuti dalam kelas digital marketing. Bahkan disediakan pula pelatihan tentang pemrograman, web desain, SEO dan sebagainya.

Google Digital Garage

Google juga menyediakan pelatihan yang sangat mempermudah siapapun untuk belajar digital marketing. Di dalamnya Anda bisa memilih pelatihan tentang digital marketing seperti SEO, email marketing, bahkan untuk coding. Semua pelatihan tersebut bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.
Keunggulan dari layanan Google yang satu ini tentunya relatif lebih mudah diakses. Apalagi Google sudah menjadi platform yang digunakan sebagian besar masyarakat dunia.

Facebook Blueprint

Facebook sebagai salah satu platform media sosial terbesar juga menyediakan pelatihan bagi pemula untuk belajar digital marketing gratis. Beberapa hal tentang digital marketing yang bisa Anda dapatkan seperti marketing analytics, marketing statistics, data analytics methods, dan lain sebagainya.
Itulah 5 situs yang menyediakan pelatihan digital marketing untuk pemula. Namun, jika Anda ingin langsung bekerja sama dengan agensi digital marketing profesional,Hanindo akan menjadi mitra terbaik. Jadi, tidak perlu harus menyelesaikan pelatihan terlebih dahulu untuk bisa membawa bisnis Anda bersaing di dunia digital.